Kamis, 08 September 2016

Meningkatkan Daya Ingat

Ingatan manusia pasti memiliki keterbatasan, tidak mungkin kita dapat mengingat semua hal yang pernah dialami dalam hidup ini.
Kita tentu tidak begitu ingat apa yang sudah terjadi waktu kecil dulu. Atau mungkin, beberapa menit yang lalu, sebagian dari kita pasti lupa apa yang terjadi.
Nah, ingatan itu sebenarnya mirip dengan organ tubuh manusia, semakin banyak kita melatihnya, makan kondisinya pun akan lebih baik.
Buat kamu yang ingin menjadikan ingatan lebih baik, tentu diperlukan latihan agar kemampuan mengingat itu menjadi bagus. Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan daya ingat.

1. Buat Kebiasaan Baru

Kebiasaan yang baru ini akan sangat membantu kamu untuk melatih kinerja otak. Dengan kebiasaan baru, kita pasti akan menetapkan tujuan dari hal yang baru itu.
Contoh hal yang bisa kamu lakukan misalnya adalah menulis dengan tangan kiri, menata ulang ruangan di rumah, mencuci piring dengan tangan yang berbeda, atau hal lain yang tidak biasa kamu lakukan.

2. Bersosialisasi dengan Orang Lain

Silaturahim merupakan salah satu cara agar otak kita terus bekerja dengan baik. Bertemu, berbincang dengan keluarga, saudara, sahabat, teman, dan orang-orang yang belum kita kenal, akan sangat membantu meningkatkan daya ingat.
Berkumpul dengan orang lain akan membuat kita terhindar dari rasa stres dan depresi, salah satu penyebab menurunnya daya ingat.
Jadi, sering-seringlah berkumpul dengan orang lain, orang-orang yang baik. Jangan mengurung diri di dalam kamar, karena hal itu tidak baik untuk tubuh kita.

3. Olahraga

Olahraga dengan teratur dan rutin juga dapat menjaga daya ingat kita lho. Dengan olahraga yang rutin, maka aliran darah kita akan menjadi lancar dan itu berarti suplai dara ke otak juga tentu lebih baik jika dibandingkan dengan yang jarang berolahraga.
Dengan suplai darah ke otak yang lebih lancar, maka syaraf di otak akan menerima zat gizi dan oksigen dengan optimal. Selain itu, ketika rutin berolahraga, akan menghindarkan diri kita dari depresi.
Olahraganya tidak perlu berat-berat, cukup beberapa menit dalam sehari. Contohnya saja dengan berjalan kaki selama 20 menit, bersepeda, atau mungkin berenang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar