Selasa, 24 Mei 2016

Tips Pemeliharaan Ban Sepeda Motor

Tips kali ini adalah bagaimana cara merawat ban, baik ban mobil ataupun ban sepeda motor, apalagi pada saat ini di musim hujan pasti banyak sekali jalan-jalan yang rusak akibat terkikis oleh air hujan.
Karena badan jalan tertutup air hujan otomatis pada saat kita berada di jalan tidak terlihat apakah jalan yang kita lalui bergelombang atau rata. Jika jalan tertutup air sedangkan jalan itu rusak otomatis kita akan melalui jalan yang rusak tersebut dengan kecepatan tinggi, padahal jalan itu rusak parah. Sebaiknya kamu membeli ban pada toko yang khusus menjual ban baru. Pada Direktori Perusahaan Indonesia banyak terdapat toko ban yang berkualitas baik.

Perawatan ban mobil  dan sepeda motor bisa jadi akan berbeda karena beberapa hal, namun disini saya akan memberikan bagaimana sebenarnya cara merawat ban motor yang baik dan benar, mari kita bahas satu per satu disini :

  1. Yang pertama adalah selalu periksa tekanan setidak nya setiap 2 minggu sekali. Jika terlalu keraspun juga tidak baik karena akan merusak ban luar, jadi sebaiknya kamu menggunakan pengukur tekanan psi. Tekanan ban yang terlalu rendah akan berakibat pada usia ban yang tidak awet, meletus dan akibat lain yang bisa membahayakan.
  2. Jika ban luar sobek sebaiknya segera ditambal dengan cara ditambal dari dalam. lubang paku yang tidak ditambal akan semakin membuat ban dalam menjadi semakin cepat pula rusaknya. Apabila menggunakan ban baru sebaiknya jangan langsung memacu motor dengan cepat untuk memberi kesempatan ban baru menyesuaikan dengan pelk roda sehingga akan lebih presisi
  3. Perhatikan dengan baik saat membuka ban dari pelk agar tidak merusak sisi luar dari ban. Pilihlah ban dengan mutu baik dan sebaiknya kamu menghindari ban murah vulkanisir karena akan membahayakan diri sendiri. Sebelum membeli ban baru ada baiknya kamu cek dulu pada Direktori Perusahaan Indonesia. Kedudukan pemasangan ban sebaiknya dibalik, ditukar tempat karena bentuk jalan di indonesia rata-rata ,melengkung 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar