Senin, 14 Maret 2016

Money Changer & Tips Menukar Uang


 Teman......mau liburan ke luar negeri ??
Sebelum kamu merencanakan liburan, ada baiknya baca dulu tips menukar uang di money changer berikut ini......

Menukar mata uang di Money Changer biasanya menjadi opsi utama travelers selain di bank tertentunya.  Tapi masalahnya, tidak semua mata uang negara di dunia tersedia di Money Changer. Bahkan mata uang negara ASEAN seperti Kamboja, Laos, Myanmar, Vietnam dan Filipina pun masih sulit ditemukan di Indonesia.

Kalau sudah begini, yang paling aman dilakukan adalah membawa mata uang yang sudah “umum” seperti dollar Amerika Serikat dan Euro.
Nah, sebelum melakukan transaksi di Money Changer, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan travelers nih:
  1. Mengecek nilai mata uang negara yang dituju sebelum berangkat. Biasanya, kita bisa melihat kurs mata uang asing melalui internet atau bisa juga menanyakan ke agen travel atau money changer terdekat.
  1. Pastikan tempat money changer kamu adalah Authorized Money Changer atau money changer berizin ya! Ini penting banget buat kamu, karena dibandingkan dengan money changer lain yang tidak berizin, authorized money changer biasanya menawarkan nilai tukar tertinggi. Memilih money changer berizin juga akan mengurangi resiko penipuan atau mendapatkan uang rusak bahkan palsu! Hati-hati ya.
  1. Banyak kalangan menyarankan untuk menghindari menukar uang di money changer di bandara kedatangan atau hotel. Kenapa? Karena biasanya nilai tukar di money changer di bandara kedatangan atau hotel lebih rendah atau dengan kata lain harganya lebih mahal dibandingkan di luar tempat tersebut. Jadi, sebisa mungkin menghindari menukar uang di dua tempat ini ya travelers, kecuali jika sedang terpaksa kamu bisa menukar uang seperlunya saja.
  1. Jangan tergiur dengan nilai jual tinggi yang biasanya terpampang di papan money changer. Pasalnya, tidak sedikit money changer yang mengenakan komisi berkisar tiga-tujuh persen setiap kamu menukarkan uang. Ujung-ujungnya, harga akhir akan sama dengan yang tanpa komisi, bahkan bisa juga lebih mahal. Ada baiknya menanyakan dulu apakah money changer tersebut mengenakan komisi atau tidak, jadi kamu bisa memperhitungkan dengan cermat.
Nah, travelers, itu dia tips menukarkan uang di money changer. Yang paling penting tetap waspada ya, setiap akan menukarkan uang. [info dari berbagai sumber]

Selamat Berliburrr......................!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar