Senin, 14 Maret 2016

Peluang Usaha Money Changer

Mau Usaha Money Changer.........???
Sebelum membuka usaha ada baiknya kamu tau cara kerjanya......simak ulasan berikut ini

Prinsip Kerja Money Changer
Money changer dapat disebut sebagai ‘pedagang uang’ atau pedagang valuta asing. Para pedagang valuta asing ini memanfaatkan kegiatan perdagangan internasional dalam bekerja.
Pada kegiatan perdagangan internasional, pembeli dan penjual memiliki nominal uang dalam mata uang nan berbeda. Oleh sebab itu, si pembeli membutuhkan kepemilikan atas mata uang yang digunakan penjual agar ia dapat melakukan transaksi jual beli. Dengan kata lain, pembeli harus menukar sejumlah uang ke dalam mata uang penjual.

Nilai tukar antara mata uang satu dengan nan lainnya tidaklah selalu setara. Hal ini bergantung pada prosedur pasar perdagangan internasional. Apabila suatu mata uang sering dipergunakan sebagai alat transaksi internasional, nilai tukarnya akan semakin kuat (misalnya dollar Amerika); dan sebaliknya, semakin suatu mata uang sporadis digunakan sebagai alat tukar internasional, semakin lemah nilai tukarnya (misalnya rupiah).
Untuk memperkuat nilai tukar tersebut, suatu negara harus banyak menjual produk ke luar negeri agar pembeli dari negara-negara lain menukarkan mata uangnya ke dalam mata uang negeri penjual tersebut.

Pedagang valuta asing dalam hal ini bertugas sebagai mediator jual beli internasional dengan menyediakan jasa penukaran (menjual-belikan) uang asing. Fungsi perdagangan mata uang asing ini juga sebenarnya dilakukan oleh bank (baik bank pemerintah, partikelir nasional, maupun partikelir asing) nan memiliki predikat sebagai bank devisa.
Akan tetapi, fungsi money changer sebagai pedagang mata uang asing atau valuta asing tetap tak tergantikan, sebab forum ini mudah ditemukan (bagi pembeli perorangan, terutama wisatawan nan sedang berkunjung ke negara asing).
Bisa dibilang bank dan pedagang mata uang asing memiliki pangsa pasar berbeda. Jika bank lebih mengutamakan jual beli valuta asing dalam jumlah besar, forum pedagang mata uang asing biasanya digunakan orang buat menukarkan valuta asing dengan jumlah nan nisbi kecil.

Pihak yang menggunakan jasa money changer bank di antaranya ialah perusahaan ekspor-impor, perusahaan nan membeli (mengimpor) barang dari luar negeri, investor-investor asing, dan pemerintah (dalam melunasi utang-utang luar negeri). Sementara itu pengguna jasa forum pedagang mata uang asing di antaranya ialah wisatawan atau orang perorangan nan menetap sementara di negeri asing.

Pedagang mata uang asing mengambil laba dari kegiatan jual beli valuta asingnya dengan menyesuaikan nilai tukar. Seperti nan kita ketahui, nilai tukar atau kurs ada dua jenis, yakni kurs jual dan kurs beli. Pada kedua jenis kurs ini selalu terdapat disparitas tipis. Disparitas inilah nan dimanfaatkan oleh para pedagang mata uang asing.
Nilai kurs jual digunakan saat pedagang mata uang asing menjual mata uang asing (dengan kata lain, kurs jual digunakan saat seseorang menukarkan rupiahnya dengan mata uang asing —orang tersebut membeli mata uang asing). Sementara itu, nilai kurs beli digunakan saat pedagang mata uang asing membeli mata uang asing (dengan kata lain, kurs beli digunakan saat seseorang menukarkan mata uang asingnya dengan rupiah—orang tersebut menjual mata uang asingnya).

Contohnya, kurs beli rupiah terhadap dollar Amerika ialah sebesar Rp 9.260,- dan kurs jualnya sebesar Rp 9.300,-. Maka pedagang mata uang asing mempergunakan kurs beli sebesar Rp 9.260,- saat membeli dollar (orang menukar dollar-nya ke dalam rupiah) dan mempergunakan kurs jual sebesar Rp 9.300,- saat menjual dollar (orang menukar rupiahnya ke dalam dollar). Singkatnya penyelenggara money changer menggunakan prinsip “jual harga tinggi, beli harga rendah”.
Pedagang mata uang asing mendapat laba jika nilai kurs jual beli ini terus naik setiap harinya. Jika malah turun, pedagang mata uang asing akan mengalami kerugian.

Membuka Bisnis Money Changer Kecil-Kecilan
 
Istilah money changer tentu sudah cukup akrab di telinga Anda. Pada dasarnya, money changer berasal dari kata money exchange nan berarti ‘pertukaran mata uang’. Sementara itu, money changer bisa diartikan sebagai pedagang valuta asing atau sebuah bisnis nan bergerak dalam pembelian dan penjualan mata uang asing.
Apakah kamu pernah berpikir buat membuka bisnis Money Changer? Lantas, bagaimana cara mendapatkan kapital nan cukup banyak? Mulai saat ini, kamu harus berhenti bermimpi buat memiliki banyak modal. Mendapatkan kapital banyak tentu memerlukan waktu nan sangat lama. Apalagi, kondisi ekonomi saat ini semakin sulit.

Hal yang harus kamu lakukan ialah memulai aksi dan berhenti berangan-angan. Ingat, planning butuh implementasi dan tak akan berbuah apa-apa tanpa pergerakan. Ekonomi boleh saja semakin sulit. Namun, di balik itu, teknologi semakin berkembang sehingga memberikan celah kemudahan bagi kamu yang ingin berkembang dalam bisnis.[....dari berbagai sumber]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar